Brain Game ternyata tidak Membuat OTak Pintar??


Hasil penelitian terbaru menunjukkan permainan yang menantang kemampuan mengingat, logika, dan brain game lainnya tidak membuat orang menjadi lebih pintar. Demikian kesimpulan riset yang dilakukan para peneliti di Dewan Riset Kedokteran Inggris.

Penelitian yang melibatkan 11.430 orang di Inggris itu menemukan bahwa latihan otak dengan permainan-permainan semacam itu gagal meningkatkan kemampuan fungsi otak secara umum termasuk IQ. Baik yang melakukan latihan secara rutin maupun yang tidak hasilnya sama saja.

“Kalau orang merasa terhibur saat memainkannya, lakukan saja. Tapi kalau mereka ingin lebih pintar, jangan harap,” ujar Adrian Owen, peneliti dari Bagian Kognitif dan Ilmu Otak Dewan Riset Kedokteran Inggris seperti dilansir BusinessWeek, Rabu (21/4/2010).

Temuan ini membantah iming-iming puluhan software permainan otak bagi anak-anak atau manula yang menjanjikan peningkatan fungsi otak. Menurutnya, hasil penelitian yang telah dimuat dalam jurnal Nature itu menyimpulkan bahwa membeli software semacam itu hanya membuang uang.

“Anda mungkin lebih baik membaca buku atau belajar bahasa asing daripada membuang banyak uang untuk sebuah pelatihan otak seperti itu,” ujar Owen. Bahkan, lanjut Owen, internet yang menyediakan sumber informasi sangat beragam sudah cukup untuk menyesaki otak dengan informasi baru. sumber : kompas.com

About afauzi007

Saya skarang sementara kuliah di Unismuh Makassar, jurusan bahasa inggris angkatan 2007. Hobby saya membaca, Browsing, Memancing, Olah raga (ya View all posts by afauzi007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: